Monday 12 March 2012

Tips Menentukan Topik Blog yang menarik
















1. Pilihlah topik yang membuat anda terus berposting dan menulis walau tidak dibayar.
Hal ini sangatlah penting, karena tidak banyak blogger yang terus aktif berposting dan meneruskan blognya jika ia tidak menyukai topik yang ia pilih.

2. Pilihlah topik yang paling anda sukai dan kuasai
Jika kamu suka basket, tulislah basket..jika kamu suka novel..tulislah tentang novel. Pilihan yang sesuai dengan hobby dan telah kamu kuasai akan membuat kamu tidak pernah kehabisan ide untuk berposting.
3. Pilih topik yang saling berkaitan dan tetaplah fokus pada inti topik tersebut.
Kita harus tetap fokus pada topik yang kita pilih. Jangan tergoda untuk berganti topik yang sedang marak. Karena dengan tetap fokus, maka pembaca akan mendapatkan informasi yang lengkap dan akan datang lagi untuk membaca informasi lainnya.
4. Jangan mengganti topik sebelum anda berhasil dengan topik tersebut
Memang tren topik yang digemari selalu berubah. Tapi saran saya, jangan tergoda untuk mengganti blog anda dengan blog yang baru sebelum blog pertama anda sukses dan terkenal. Minimal beri waktu sekitar 3 bulan. Dalam waktu itu, silahkan anda curahkan 100% kemampuan anda dan lihat perkembangannya. Jika memang topik tersebut kurang mendorong anda untuk tetap blogging, silahkan ganti topik yang anda sukai lainnya.

5. Tulislah posting yang berguna bagi pengunjung dan jangan hal2 yang terlalu pribadi.
Apa menu makanan anda pagi ini…jam berapa anda mandi hari ini..berapa kali anda mandi dalam sehari…atau pergi kemana anda setelah kuliah kemarin…Hal itu semua jarang membuat pengunjung kembali lagi ke blog anda, kecuali jika anda seorang artis atau figur terkenal.
Jadi saran saya tulislah posting yang dapat bermanfaat bagi semua orang agar orang tersebut selalu ingin kembali lagi untuk mendapatkan informasi lebih dari blog anda. Namun ada pula lho blogger yang sukses dengan posting diary mereka. Hal itu mungkin karena diary mereka sarat dengan pengalaman bagi para pengunjung, dan yang pasti pengalaman itu pasti menghibur dan bermanfaat bagi pengunjung.
6. Tentukan batasan topik anda, untuk indonesia atau seluruh dunia.
Jika anda membahas tentang banjir jakarta, mungkin pengunjung anda Cuma dari jakarta atau indonesia. Jika anda ingin blog anda dibaca oleh seluruh netter di dunia, maka pakailah bahasa inggris dan pilihlah topik yang umum, misalnya cara menurunkan berat badan dsb.


7. Jangan membuat topik karena ingin mendapatkan uang

Penghasilan tambahan dari ngeblog berasal dari banyaknya pengunjung..jadi jangan memaksakan tema atau topik yang tidak anda sukai walaupun topik itu menguntungkan. Carilah dahulu pengunjung yang banyak dengan posting yang menarik dan berkualitas. Dengan begitu pengunjung akan banyak dan dengan sedikit sentuhan..uang pun akan mengalir ke blog anda.













No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum
sila tinggalkan Comment anda di sini
satu pon jadilah hehe..